Home / Politik / PAN Kerinci, Jadi Rebutan

PAN Kerinci, Jadi Rebutan

Partai Amanat Nasional (PAN) yang dinahkodai oleh Zumi Zola Zulkifli, saat ini Gubernur Jambi, dibeberapa daerah di Jambi menjadi rebutan bakal calon kepala daerah.

Tidak ketinggalan di kabupaten Kerinci, yang bakal melaksanakan pemilihan kepala daerah pada 2018 mendatang. Selain kemenangan dan Figur Zumi Zola, dibeberapa derah, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tiga wilayah dalam Provinsi Jambi, yakni Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tebo, dan Kabupaten Sarolangun pada 2016 lalu, PAN juga menang.

Saat ini, sejumlah Bakal Calon (Balon) Bupati Kerinci, menyebutkan mempunyai kedekatan secara emosional dan mendapat angin segar dari Partai yang berlambang matahari ini.

Tidak bisa dipungkiri, beberapa nama Balon Bupati Kerinci, juga terus melakukan loby terhadap partai dan sosialiasi ditengah masyrakat. Tidak ketinggalan, dengan ketua PAN Provinsi Jambi, yang notabenenya adalah Gubernur Jambi. Diantaranya, memanfaatkan dua hari Kunjungan Kerja Gubernur Jambi, di Kerinci dan Sungaipenuh, dengan membuat berbagai kegiatan.

Sementara itu, ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Zumi Zola, mengakui banyak yang telah melakukan komunikasi dengan dirinya. Namun, dirinya menampik telah menetapkan calon yang akan diusung PAN pada pemilihan bupati Kerinci, mendatang.

“Memang banyak, yang sudah menghubungi PAN banyak. Saya sampaikan sama mereka, gunakan waktu yang sebaiknya untuk melobi masyarakat,” ungkap Zumi Zola, di Sungaipenuh, minggu lalu.

Penegasan Zumi Zola, untuk mengusung kandidat ada mekanismenya, tentunya yang dicintai rakyat. “Kalau Partai mengikuti, jika surveynya tinggi insyaallah kita dukung,” sebut Zumi Zola.

Berkaitan dengan adanya informasi PAN telah menentukan sikap? Zumi zola, kembali menampiknya. Bahkan, dia kembali menegaskan, kalau PAN belum menentukan sikap.

“Yang pasti, gunakan waktu sebaiknya melobi masyarakat, kalau surveynya bagus insyallah kita dukung,” lagi-lagi Zola tegaskan.

Saat ditanya wartawan peluang Monadi, anak mantan Bupati Kerinci, H.Murasman, yang juga ketua Tim pemenangan ZZ-FU di kabupaten Kerinci? Zumi Zola, lagi-lagi menyebutkan, kalau semua Balon memilik peluang.

Lebih jauh dia, penetapan Calon yang akan diusung PAN, akan dilaksanakan secara objektif bukan subjektif. Bahkan, tegas Zumi, PAN juga tidak menuntut kader PAN yang harus maju dan diusung PAN pada Setiap Pilkada.

“sama seperti tiga kabupaten, kita punya mekanisme sesuai dengan hasil survey. Apakah itu internal atau bukan, partai kita terbuka semua balon, baik internal maupun eksternal,” sebut dia.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Sekjen DPP PAN, Dipo ilham Djalil membenarkan hal tersebut. Disamping itu DPP juga melihat perkembangan dan melihat Kans setiap kandidat. “Ya, semuanya berpeluang,” singkat Dipo.

Terpisah Ketua DPD PAN Kerinci, Yuldi Herman mengatakan, guna persiapan menghadapi Pilkada Kerinci, PAN Kerinci telah melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab).

Pengakuan Yuldi, untuk pendaftaran Balon Bupati Kerinci, direncanakan akan mulai dibuka pada Agustus mendatang. Selanjutnya, sebut dia, akan dilakukan survey. “Berdasarkan arahan atasan, kita akan buka pendaftaran calon kemungkinan pada Bulan Agustus,” ungkapnya.

Yuldi, juga mengakui, meskipun pendaftaran akan dibuka Agustus, namun hasilnya tetap mengacu dengan mekanisme. “Ya semuanya berpeluang, hasilnya tetap berdasarkan hasil survey, siapa yang tinggi, maka itu yang kita dukung,”tandas Yuldi Herman

Check Also

10 Kandidat Kerinci Rebutan Diusung PAN

10 kandidat yang akan maju di Pilkada Kerinci 2018 akan rebutan perahu PAN yang kini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *